Pages

Saturday, May 9, 2015

Cembengan Madukismo Jogja

Cembengan? Madukismo?
Nanti dulu Cembengannya. Madukismo dulu ya. Madukismo didirikan tahun 1955. Bertempat di desa Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan , Bantul, Yogyakarta. Madukismo ini merupakan nama sebuah pabrik pengolahan gula dan spiritus.
Uniknya, proses penggilingan tebu di Madukismo selalu diadakan pasar malam. Masyarakat sekita menyebutnya dengan "Cembengan". Kegiatan utamanya adalah arak-arakan kepala kerbau yang dilakukan di siang hari pada hari akhir Cembengan. Sebuah ritual adat yang dilakukan sebelum proses penggilingan tebu dimulai. Tapi yang penulis ingin ceritakan bukan itu...hehe..
Cembengan atau pasar malam diadakan dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Tentunya akan lebih ramai pada malam minggu. Pengunjungnya dari bayi sampai simbah-simbah. Jalan kaki, naik motor atau mobil. Sebuah pesta kecil bagi masyakarat pinggir kota.
Di dalamnya ada apa saja to? Banyak mas/mbak bro... dremmolen (kalo salah trus benerin ya), ombak banyu, kora-kora, kuda-kuda yang muter-muter itu, mancing ikan mainan buat anak kecil...banyak lagi. Seperti pasar malam pada umumnya.


Di Bagian pintu masuk justru malah sepi. Di dalamnya yang ramai. Acara ini hanya setahun sekali. Biasanya bertepatan di hari-hari siswa kelas tiga Ujian Nasional. Silahkan kunjungi untuk tahun depan... ^_^

No comments:

Post a Comment

monggo dikomentari bos...